It's All About Love, Lifestyle, and Story of My Life

Saturday, March 16, 2013

Sambel Goreng Kentang Ebi

Udah 3 bulan ini aku menghidupi diriku sendiri, kalo sebelumnya ada kakak yg nopang, sekarang pure aku semua sendiri.. #Masakmasaksendirimakanmakansendiri gitu deh lagu yang pas buat aku..
Awal-awalnya males bgt masak, jadi cuma makan mie instan aja tiap hari, sampai2 aku sakit gudik'en (itu tuh yg badan pada bentol2 merah n gatelny minta ampun, badan panas gak bisa kena angin n air).. Maka dari itu aku mulai masak.. Simpel2 aja sih, seringny sayur gitu..hehe

Oke deh, kali ini aku mau bagi resep masakan.. Kebetulan kemaren iseng beli udang kering alias ebi.. Trus juga aja kentang (niatnya sih buat kentang rebus aja :p).. Nah ini resep dari resep sambel goreng kentang biasa, cuma di modif ada ebi-nya gitu :D Check it out!

Sambal Goreng Kentang Ebi

Bahan:
  • 300 gr kentang (sekitar 3-4 buah), potong dadu  dan digoreng sebentar
  • 2 buah cabai merah buang isi diiris halus
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan.
  • 1 batang serai ambil putihnya dan memarkan
  • 2 cm jahe, memarkan
  • 1 ¼ sdt garam
  • 1 sdt gula merah
  • 400 ml santan dari ½ butir kelapa
  • 1 sdm air asam jawa
  • 2 sdm minyak untuk menumis

(kalo mau biasanya orang bikin sambel goreng pake pete, but I don't like pete..so I missed it)

Bumbu Halus:
  • 1 Sdm ebi, sangrai
  • 5 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 cm jahe
  • 13 buah cabe rawit (secara doyan pedes)
  • 2 buah cabe besar
  • 1 buah tomat
Cara Membuat:
1.     Panaskan  minyak goreng, tumis bumbu halus, daun salam, serai, lengkuas, dan jahe sampai harum.
        Masukkan cabai merah dan petai. Masak sampai layu.
2.     Masukan garam, gula merah. Aduk rata, lalu masukkan kentang. Aduk rata.
3.     Tuang santan sedikit-sedikit sambil diaduk sampai kental, menjelang diangkat, masukkan air asam
        jawa dan aduk rata. Sajikan

Dijamin enak deh.. ;)

No comments: